Warga Biluhu Mengadu, Respon Nelson Segera Turunkan Inspektorat

1 min read

Boalemo News

Laporan : Humas Kabupaten Gorontalo, Editor : Ardan.

Limboto (BN) – Usai menggelar rapat terkait aspirasi masyarakat Biluhu Bupati Gorontalo, Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd menyatakan, akan segeran turunkan Inspektorat untuk menyikapi beberapa keluhan dan aspirasi dari masyarakat kecamatan Biluhu yang terungkap di Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Gorontalo (7/119)

“Jadi, ada tiga hal kalau saya lihat,pertama penggunaan dana desa di desa biluhu tengah dan oleh karena itu, Kami segera menurunkan inspektorat,” Ungkap Nelson.

Kemudian yang kedua, Nelson menjelaskan, masalah pemenuhan air minum dan ini akan segera ditindaklanjuti dan saya langsung mengundang dinas PU untuk turun

“Ada program yang sudah di buat tapi tidak jalan, mungkin program pamsimas beberapa lalu dan ini dicek untuk ditindak lanjuti segera,” Jelas Nelson

Aspirasi yang ketiga Nelson menuturkan, masyarakat mengeluhkan infrastruktur jalan Ambara dan Biluhu yang saat ini sudah menjadi kewenangan Provinsi Gorontalo. Nelson mengaku akan melakukan dua hal untuk hal itu, pertama melakukan penimbunan.

“Kedua terus mendorong pemerintah Provinsi untuk melakukan hal itu dan saya mendapat informasi kemungkinan jalan ini sudah ada di anggaran Provinsi Gorontalo tahun 2019,” ucap Bupati Mantan Rektor UNG dua Periode.

Ditanya terkait jika ada temuan dalam rangka penggunaan dana desa biluhu tengah, Mantan rektor UMG ini menegaskan, selama ini pemerintah Kabupaten Gorontalo terus melakukan pembimbingan dan berbagai pengawalan melalui bimtek dan diklat bagi Kepala desa untuk tidak menyelewengkan dana Desa. Kemudian penyusunan dan perencanaan dana desa terus menerus dikawal dan berikut dilakukan pengawasan.

Oleh karena itu, Nelson tegaskan jika terjadi hal tidak diinginkan, pertama tentunya kita bina mereka, selanjutnya memperbaiki pengelolaan dana desa dan  ditingkatkan ke rana hukum.

“Jika ada terjadi penyelewengan kita tingkatkan keranah hukum dan ini sudah pernah dilakukan ada salah satu Kades berurusan hukum bahkan ada salah satu Kades diberhentikan. Jadi kita tidak main-main persoalan penyelewengan anggaran desa, kalau terus dibina tidak berubah,Nah jalan satu-satunya diberhentikan,” Tegas Bupati.

(#BN)

 1,481 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini