Tak Lama Lagi, KODIM 1315 Boalemo Bakal Dibangun

1 min read

Laporan : Edward Giasi, Editor : Zul Hunowu

BOALEMO (BN) – Pembangunan Markas Komando Distrik Militer (MAKODIM) 1315 Boalemo, rencananya akan menghibahkan lahan seluas 1,200 hektar, kini tengah memasuki tahapan penyelesaian, yang rencananya akan berlokasi di Jalan Bypass Desa Lahumbo, Kecamatan Tilamuta.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Kabupaten Boalemo, melalui Kepala Bidang Aset, Rahmat Pakaya, yang diwakili stafnya, Marwan Pomolango, kepada BoalemoNews.id, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin, (24/9).

Setelah melewati tahapan demi tahapan, dimulai dari pembebasan lahan hingga ke tahapan penilaian, oleh tim penilai yang telah di datangkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Boalemo dari makasar Sulawesi selatan.

“Lahan yang telah disiapkan masih milik sejumlah warga setempat, belum menjadi milik pemerintah sepenuhnya, pemerintah daerah baru sebatas menyerahkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (MPHD), sebab pemerintah daerah tidak serta merta bisa menyerahkan Berita Serah Terima (BST), sebagai bentuk pertanggung jawaban pemerintah daerah melalui surat keputusan kepala daerah atau bupati, dalam hal ini Bupati Boalemo, harus mempunyai surat persetujuan dari DPRD Kabupaten Boalemo,” ungkap Marwan.

Lebih lanjut Marwan, menjelaskan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo telah menargetkan, bahwa penyelesaian akan dipacu bulan September ini.

“Jadi dalam seminggu ini, kami dan sejumlah instansi terkait, sementara melakukan pekerjaan ke titik penyelesaian akhir, namun masih ada beberapa yang harus diselesaikan, terutama penetapan nilai oleh pihak yang punya kewenangan. Nanti setelah tahapan penilaian itu, pemerintah daerah akan melanjtukan ketahapan selanjutnya. Yaitu, pembayaran lahan yang dimaksud, kurang lebih 1,2 Miliar Rupiah,” ujar Marwan

Olehnya, pihak BKAD mengaharapkan, kiranya seluruh OPD terkait, sedapat mungkin memacu penyelesaian pekerjaan tersebut, sampai tidak melewati batas yang telah ditentukan oleh pihak TNI Angkatan Darat, Komando Resor Militer (KOREM) 133 Nani Wartabone.

“Semua ini dilakukan, demi tercapainya pembanguna di kabupaten boalemo. Jika diseriusi sehingga mencapai target, akan menjadi kebanggaan dan kepuasan tersendiri,” tutupnya. (#BN-Adv)

88 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini