Situs Bapppeda Boalemo Rentan Kena Hack, Begini Tanggapan Rusdin Aminu

53 sec read

Laporan / Editor : Zul Hunowu

Boalemo (BN) – Ihwal informasi yang ramai beredar, terkait rentannya situs website resmi milik Bapppeda Kabupaten Boalemo dihack, di laman bapppeda.boalemokab.go.id/, mendapat tanggapan dari Kepala Bapppeda Kabupaten Boalemo, Rusdin Aminu.

Kepada Boalemonews.id, ketika dihubungi via seluler pada Rabu (25/9), Rusdin justru mempertanyakan kembali tugas dari Kominfo, yang menurutnya harus melindungi website seluruh OPD.

“Saya balik bertanya ke Dinas Kominfo? harusnya Dinas Kominfo melindungi semua OPD, karena semua website ini domain dari pemda Boalemo,” tanya Rusdin.

Disamping mudahnya situs website Bapppeda yang rentan diretas, pihak Bapppeda juga dituding enggan mengintegrasikan situs websitenya dengan pihak Kominfo.

Baca : Keluar Dari Arus Integrasi Kominfo, Situs Bapppeda Boalemo Rentan Diretas ?

Namun, Rusdin kembali menampik tudingan itu. Menurutnya pihaknya siap mengintegrasikan situs website tersebut, dengan catatan harus dibawah kendali langsung pihak Kominfo Kabupaten Boalemo.

“Kita pada dasarnya bersedia mengintegrasikan situs web cuma memang secara internal kita maunya pengintegrasian ini dibawah kendali Kominfo, supaya kita terlindungi, sekarang kan yang paling banyak menyoroti ini dari pihak luar,” jelasnya.

Lanjut Rusdin, dirinya menilai saat ini banyak pihak luar yang justru menyorotinya ihwal pengintegrasian website, dibanding pihak Kominfo.

“Saya melihat ini manajemen internal kewenangan Kominfo justru diserahkan ke pihak luar, harusnya kita maunya kewenangan ini dibawah kendali Kominfo, karena mereka sebagai perwakilan pemda dalam mengendalikan website pemda,” kata Rusdin.

Masih menurut Rusdin, dirinya mengusulkan agar pengintegrasian website tersebut dimulai pada awal tahun 2020 mendatang, sebab saat ini masih dalam penilaian SAKIP.

“Nanti januari kita atur lagi, masalahnya saat ini sedang penilaian Sakip,” tutupnya. (#BN)

88 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini