PERESMIAN KAMPUNG KB, WABUP AJAK MASYARAKAT JAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN

49 sec read

Laporan : Zul Hunowu Editor : Mohamad Fadhly Suaib / Zul Hunowu

Boalemo (BN) – Wakil Bupati Boalemo Ir. H. Anas Yusuf, membuka acara pencanangan Kampung KB dan Rumah Dataku, pada Senin (29/10) bertempat di Desa Lito Kecamatan Paguyaman Pantai.

Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut,  Wabup Anas mengungkapkan keprihatinannya atas kondisi sumber daya alam yang kian hari, makin memprihatinkan. Menurutnya, jika Sumber Daya Alam (SDA) dianggap adalah warisan para leluhur, maka bisa saja dirusak atau dijual.

Namun jika hal tersebut merupakan pinjaman dari anak cucu maka semua manusia akan menjaganya. Hal ini diungkapkannya karena melihat kondisi alam yang sudah begitu memprihatinkan. Kerusakan hutan terjadi dimana-mana mengakibatkan sumber air yang sudah mulai berkurang. Ditambah lagi,  diwilayah Kabupaten Boalemo sendri dalam beberap hari terakhir diguyur hujan.

“Ketersediaan air sekarang ini sudah minim, ini saja mungkin baru dua bulan tidak ada hujan, tapi kita sudah kesulitan air, kenapa ? karena lingkungan kita sudah tidak mendukung lagi ketersediaan air,” ungkap Wabup Anas.

Lebih lanjut Wabup Anas menjelaskan, kondisi tersebut disebabkan kurangnya vegetasi saat ini seperti banyaknya gunung-gunung yang sudah gundul. Olehnya itu Wabup menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama sama menjaga kelestarian lingkungan demi kelangsungan hidup bersama.

“Penyelamatan lingkungan harus dimulai hari ini. Coba kita bayangkan, hari ini saja kita kesulitan air, bagaimana jika 10 atau 20 tahun mendatang, pasti akan lebih sulit lagi. Olehnya itu saya menghibau kepada Bapak Ibu sekalian, mari kita jaga lingkungan untuk anak cucu kita,” pungkas Wabup Anas Yusuf.

 1,132 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini