Perayaan Tumbilatohe, Ide Bocah (Wily) Dikabulkan Rachmad Gobel

44 sec read

Laporan : Tim Boalemo News, Editor : Ardan.

Gorontalo (BN) – Perayaan tumbilatohe merupakan tradisi masyarakat Gorontalo, yang bertujuan untuk menerangi jalan menuju Mesjid kalah itu.

Tradisi ini tetap bertahan turun temurun hingga saat ini. Menyemarakan malam pasang lampu atau tumbilotohe Rachmat Gobel menyulap sungai yang berada di samping rumah adat Gobel di Kecamatan Tapa Bone Bolango lebih menarik. Pandangan di Lokasi itu akan disuguhi dengan lampion beraneka bentuk dan warna.

Latar belakang lahirnya Ide ini, Berawal dari usulan seorang bocah yang bernama Willy, bocah yang saat ini duduk di bangku Sekolah Dasar. Meskipun Wily masih terbilang Bocah namun, Rahmad Gobel yang juga pamannya menerima dan merealisasikan ide tersebut.

Berbagai lampion dengan bentuk-bentuk yang unik dan lucu kini menghiasi salah satu anak sungai polanggua yang menjadi lokasi perayaan Tumbilatohe yang didesain oleh Tim Rachmad Gobel.

Pada kesempatan itu, Jum’at (31/5/19) Rahmat mengaku usulan dari Willy merupakan representasi dari keinginan anak-anak yang ingin bergembira di tengah perayaan tumbilotohe.

“Saya ingin menghibur anak anak yang menikmati kemeriahan tumbilatohe, Ide Wily itu juga merupakan ekspresi berbagi kebahagiaannya dengan anak anak Gorontalo atas kelahiran cucu pertamanya,” tutur Rachmad Gobel Caleg DPR-RI Partai Nasdem Dapil Gorontalo

Sebelum ditata, bantaran sungai itu dilakukan pemberaihan yang didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan aksi gerakan bersih-bersih. (#BN)

 962 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

error: Maaf. Tidak Tersedia Untuk Pembajak