Pemda Boalemo dan Pengadilan Agama Jalin Kerjasama

50 sec read

Boalemo (BN) – Plt Bupati Boalemo Ir. Anas Jusuf, M.Si menghadiri penandatangan Nota kesepahaman (Mou) antara Pengadilan Agama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boalemo tentang keterpaduan basis data Penduduk diintegrasikan dengan penobatan duta Damai, bertempat di Pendopo Kantor Bupati, Jum’at (18/12/2020).

Pendatanganan tersebut dihadiri ketua Pengadilan Agama Provinsi Gorontalo, Drs. Izzuddin, SH., MH., Sekretaris Dearah Sherman Moridu, S.Pd, MM, Kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil, Teguh Jatmika, para pimpinan Pengadilan Agama Se-Provinsi Gorontalo dan pimpinan OPD di lingkungan Kabupaten Boalemo.

Plt Bupati Boalemo Ir. Anas Jusuf, Msi menyampaikan bahwa tuntuntan masyarakat semakin tinggi terkait ketentuan identitas Hukum bagi pasangan suami – istri yang tidak tercatat dikantor Urusan Agama.

“Tentunya hal ini memerlukan penetapan Itsbat nikah dari Pengadilan Agama, namun dengan keterbatasan ekonomi dan finansial masyarakat, maka pemerintah daerah tahun 2021, telah mengalokasikan Anggaran untuk kegiatan Istbat nikah sebesar 500 Juta Rupiah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah untuk membantu masyarakat, khususnya dalam memperoleh Istbat nikah”,Ungkap Anas.

Sementara itu, kepala Pengadilan Agama Provinsi Gorontalo DR. Drs. Izzuddin, SH, MH menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Boalemo yang telah memediasi penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara pengadilan agama dengan Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Boalemo.

“Tentunya kerjasama yang dilakukan Pengadilan Agama Tilamuta dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boalemo, sebagai upaya untuk memberikan kepastian identitas Hukum kepada masyarakat, sehingga tercipta administrasi kependudukan yang tertib dan teratur, khususnya di wilayah hukum Kabupaten Boalemo”,Ungkapnya. (BN)

error: Maaf. Tidak Tersedia Untuk Pembajak