Menristekdikti RI Resmikan Gedung Baru UNG, Empat Fakultas Akan Pindah Ke Bone Bolango, Ini Harapan Bupati Hamim Pou

1 min read

Laporan : Humas Bone Bolango, Editor : Edward

Bone Bolango (BN) –  Kampus Baru Universitas Negeri Gorontalo yang dibangun di Desa Moutong Kecamatan Tilongkabila resmi dimanfaatkan. Peresmian ini, langsung Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, Kamis (24/1/2019).

Seejak tahun 2017 melalui project Islamic Development Bank (IDB) telah membangun 13 gedung. Gedung kampus baru UNG ini, nantinya akan ditempati oleh empat fakultas, yakni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Sastra dan Budaya, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknik.

Menristekdikti Mohamad Nasir berharap dengan dibangunnya dan bertambahnya fasilitas gedung kampus baru UNG yang didanai melalui project Islamic Development Bank (IDB) sebesar Rp300 miliar lebih itu, bisa meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan tinggi yang ada di UNG, terutama di Gorontalo.

”Jadi dengan bertambahnya fasilitas sarana dan prasarana yang ada di kampus UNG ini, mudah-mudahan bisa menunjang peningkatan mutu SDM UNG menjadi lebih baik lagi. Jika kualitas SDM baik, maka manfaatnya berdampak pada masyarakat yang ada disekitarnya, khususnya di Provinsi Gorontalo ini,”ujar Mohamad Nasir.

Sementara itu, Bupati Bonebol Hamim Pou mengatakan, dalam pembangunan kampus baru UNG di Bonebol itu, pihaknya menyiapkan dan menghibahkan lahan sekitar 50 hektar yang dananya dianggarkan melalui APBD Kabupaten Bone Bolango atas persetujuan DPRD setempat.

“Kami sadar, uang kami di Bonebol terbatas, tapi kami sadar bahwa kita harus berinvestasi di pendidikan dan pengembangan SDM. Hasilnya tidak kita langsung hari ini, tapi 5 hingga 10 tahun yang akan datang,”kata Hamim Pou.

Ia menambahkan,  dengan pondasi yang baik, pendidikan dan SDM yang baik, dirinya percaya Bone Bolango akan lebih baik, Gorontalo akan lebih baik, dan Indonesia akan lebih baik. Makanya kami akan terus mendorong apapun yang diminta oleh UNG. Itu demi peningkatan mutu pendidikan, perbaikan mutu SDM, dan kami selalu siap sedia.

Hamim mengungkapkan dengan dihibahkannya lahan seluas 50 hektar untuk pembangunan kampus baru UNG di Bonebol, ini diharapkan akan berdampak banyak hal, terutama dalam meningkatkan dan menggerakkan sektor ekonomi UMKM di daerah itu.”Jadi dampak ikutan dari kehadiran UNG ini diharapkan akan memberi manfaat bagi kami di Bonebol,”ungkap dia.

Untuk itu, lanjut Hamim, pesan penting kepada UNG agar tidak boleh berdiri di menara gading, tidak boleh menutup diri, UNG harus terbuka terhadap perkembangan terhadap masyarakat sekitar.”Karena kalau kampus ini maju, seharusnya juga masyarakat disekitarnya ikut menikmati kemajuan-kemajuan tersebut,”ujarnya.

(#BN)

 2,139 total views,  4 views today

error: Maaf. Tidak Tersedia Untuk Pembajak