Masyarakat Olibuu Sukses Deklarasikan Lima Pilar STBM

58 sec read

Laporan / Editor : Zul Hunowu

Boalemo (BN) – Pemerintah daerah Kabupaten Boalemo bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, menggelar kegiatan deklarasi lima pilar Sanitasi Total Berbasi Masyarakat (STBM). Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (16/1) tersebut, berlangsung di Desa Olibuu, Kecamatan Paguyaman Pantai, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo, Camat Paguyaman Pantai, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Boalemo, dan seluruh masyarakat Desa Olibuu.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Boalemo, Darwis Moridu yang diwakili Asisten II Setda Boalemo, Roswita Manto menyampaikan, bahwa perwujudan lima pilar STBM bukanlah merupakan hal yang mudah, dan membutuhkan kesiapan yang matang.

“Untuk mencapai dan mewujudkan lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat itu sangatlah tidak mudah. Untuk mewujudkannya butuh kesiapan mental dan spiritual sebagai bukti Desa Olibuu mencapai desa stop buang air besar,” jelas Roswita.

STBM sendiri adalah pendekatan untuk merubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakatdengan metode pemicuan. Sanitasi total adalah kondisi ketika suatu komunitas masuarakat Tidak lagi melakukan buang air besar (BAB) secara sembarangan, dan telah beralih menggunakan jamban.

Selanjutnya, Roswita yang mewakili Bupati Darwis Moridu mengapresiasi suksesnya kegiatan deklarasi yang dilaksanakan masyarakat Desa Olibuu tersebut.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan seluruh SOPD yang terlibat langsung maupun tidak langsung, kami memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta semua pihak yang sudah membantu terselenggaranya kegiatan ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut, Roswita mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan, baik di tingkat Kecamatan, Desa, hingga Dusun, untuk dapat melakukan sinergitas, dalam rangka meujudkan masyarakat yang tak lagi melakukan BAB secara sembarangan.

“Saya mengharapkan kepada seluruh Camat, Danramil, Kapolsek, Tim penggerak PKK KEcamatan dan desa, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Boalemo agar kiranya bersinergi secara terintegrasi untuk mewujudkan deklarasi dusun stop buang air besar sembarangan,” tutupnya. (#BN)

322 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

error: Maaf. Tidak Tersedia Untuk Pembajak