MANTAN KOMISIONER KPU APRESIASI SIKAP KETUA DPRD BOALEMO

1 min read

Laporan : Zul Hunowu, Editor Mohamad Fadhly Suaib

Boalemo (BN) – Kasus dugaan pemalsuan dokumen persyaratan yang dilakukan oleh beberapa calon anggota legislatif dari salah satu parpol di Kabupaten Boalemo,  hingga kini masih menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Pasalnya dari kasus tersebut telah menyeret salah satu calon legislatif berinisial AGD menjadi tersangka.

Beragam tanggapan muncul, baik dari masyarakat bahkan para elite politik di bumi Damai Bertasbih ini. Salah satunya yang pernah dilontarkan ketua DPRD Kabupaten Boalemo dari Partai Golkar,  Oktohari Dalanggo. Okto mengatakan harusnya penyelenggara pemilu juga bisa dijadikan tersangka dalam kasus tersebut.

Baca juga : KPU BOALEMO TEGASKAN PIHAKNYA BERTINDAK SESUAI ATURAN

Menanggapi hal tersebut,  Herman Bater salah satu mantan komisioner, divisi hukum KPU Kabupaten Boalemo mengapresiasi langkah yang yang disampaikan Ketua DPRD Boalemo tersebut. Menurut Herman,  hal ini menandakan masih berjalannya fungsi DPRD dengan sangat baik meskipun kini telah memasuki tahun politik dan berjalannya tahapan pemilu.

“Saya sangat mengapresiasi tanggapan yang diberikan ketua DPRD Boalemo,  ini menandakan fungsi DPRD Boalemo terhadap lembaga penyelenggara pemilu tetap berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Herman menjelaskan secara moral,  DPRD menjadi bagian yang bertanggung jawab atas suksesnya penyelenggaraan pemilu disuatu daerah sebagaimana fungsi DPRD yang diamanatkan oleh undang – undang, dan hal ini telah dibuktikan dengan langkah Ketua DPRD Boalemo yang hingga kini masih memberi perhatian atas polemik yang kini berkembang di masyarakat.

“DPRD itu adalah bagian dari pemerintahan yang bertanggung jawab demi suksesnya pemilu, tanggapan ketua DPRD itu wujud rasa tanggung jawab DPRD,  itu yang perlu kita suport bahwa fungsi pengawasan DPRD masih berjalan dengan baik,” jelasnya.

Lebih jauh Herman menjelaskan bahwa hal tersebut harus menjadi contoh bagi semua pihak,  sebab dengan kepedulian bersama, akan menciptakan pemilu yang berkualitas serta calon anggota parlemen yang berkompeten.

“Hal ini sepatutnya menjadi contoh semua elemen masyarakat yang masih peduli akan terciptanya pemilu yang berkualitas yang nantinya akan menghasilkan calon – calon wakil rakyat yang berkualitas,” kata Herman.

Selanjutnya,  Herman berharap agar masyarakat tidak terprovokasi dengan isu liar yang berkembang di masyarakat, dan berharap agar tetap menunggu proses yang kini tengah berjalan.

“Terlepas dari benar tidaknya persoalan ini,  saya kira kita menunggu saja proses yang sementara berlangsung. Yang jelas ini nanti akan berujung ke DKPP,” pungkasnya. #BN

 1,636 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini