Kapolda Gorontalo Tekankan Perencanaan Yang Matang Dalam Membangun Rencana Kerja Organisasi

1 min read

Laporan / Editor : Zul Hunowu

Gorontalo (BN) – Perencanaan adalah proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses-peroses yang penting dari semua fungsi manajemen sebab tanpa perencanaan (planning) fungsi pengorganisasian, pengontrolan maupun pengarahan tidak akan dapat berjalan.

Hal tersebut dikatakan oleh Kapolda Gorontalo Brigen Pol Drs. Wahyu Widada, MPhil pada saat memberikan sambutan, dalam acara Penutupan Penyusunan Rencana Kebutuhan Anggaran Satuan Kerja TA. 2021 Polda Gorontalo, bertempat di Ballroom Hotel Damhil Kota Gorontalo, Jum’at (22/11).

“Membuat perencanaan itu sesuatu yang tidak mudah, karena yang dihitung adalah angka-angka, perencanaan itu suatu proses dalam manejerial kita yang harus dilaksanakan secara baik dan benar, perencanaan yang baik adalah 60% dari keberhasilan, namun jika gagal dalam membuat perencanaan berarti kita telah merencanakan kegagalan, if you fail to plan, you plan to fail,”ujar Wahyu.

Pada kesempatan tersebut, Wahyu juga menekankan kepada seluruh Kasatker untuk bisa melakukan evaluasi atas kinerja yang telah dilakukan.

“Apa-apa yang sudah disusun ini adalah untuk melengkapi administrasi perintah dari Mabes Polri, silahkan para Kasatker melakukan evaluasi, selama ini perencanaan hanya sekedar dibuat hanya untuk kepentingan wasrik, tetapi tidak pernah digunakan dengan baik, tidak pernah dilihat dan dipedomani secara konsisten, para Kasatker secara tehnis serahkan kepada ahli-ahli perencanaan/operator, tetapi strategi berpikirnya, kebutuhan apa saja yang harus diakomodir dalam tahun berjalan, saya minta para Kasatker ikut berperan, jangan hanya diserahkan kepada para Kasubbag Renmin,”kata Wahyu.

Sementara itu Karo Rena Polda Gorontalo Kombes Pol Budi Meidiyanto SIK.MH dalam laporan singkatnya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan penyusunan RKA Satker TA. 2019 adalah untuk menampung masukan-masukan dari para Satuan Kerja Jajaran Polda Gorontalo tentang kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan di tahun 2021 yang disesuaikan dengan Kalender Kamtibmas.

“Kita ingin mengetahui kebutuhan dari masing-masing satuan kerja di Tahun 2021, tentunya disesuaikan dengan Kalender Kamtibmas dan dalam penyusunannya didasarkan pada perkiraan intelijen,”kata Budi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda, Para PJU , Para Kapolres dan para operator penyusun perencanaan seluruh Satuan kerja.
Kabid Humas AKBP Wahyu Tri Cahyono dalam keterangannya menyebutkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin tiap tahun guna mendapatkan kebutuhan anggaran yang ideal.

“Acara penyusunan RKA KL ini dilaksanakan selama 3(tiga) hari mulai dari tanggal 20 hingga hari ini (22 November), giat ini dilaksanakan rutin setiap tahun guna menampung masukan-masukan dari seluruh satker terkait kebutuhan apa saja yang dibutuhkan di TA. 2021, sehingga nantinya diperoleh kebutuhan anggaran yang ideal,”ujar Kabid Humas W.Tri Cahyono.

Usai penutupan, Kapolda dan para PJU meninjau beberapa Kaporlap yang rencananya akan dibagikan kepada seluruh personel Polda Gorontalo. (#BN)

298 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

error: Maaf. Tidak Tersedia Untuk Pembajak