Jalani Reakreditasi, Puskesmas Paguyaman Targetkan Predikat Paripurna

1 min read

Laporan : Zulkifli Noho, Editor : Zul Hunowu

Boalemo (BN) – Komisi Akreditasi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kembali melakukan Survey Reakreditasi di Puskesmas Paguyaman.

Berdasarkan Permenkes Nomor 75, tahun 2014, mengharuskan Puskesmas untuk dilaksanakan akreditasi setiap tiga tahun. Sebelumnya Puskesmas Paguyaman, pada tahun 2016 lalu telah dilakukan akreditasi, yang meraih peringkat dasar.

Untuk reakreditasi tahun 2019 kali ini, Indikator penilaian meliputi manajemen puskesmas, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian mutu, sementara pihak Puskesmas Paguyaman sendiri menargetkan untuk tahun ini, dapat meraih predikat paripurna, atau yang paling tinggi.

Hal tersebut seperti diungkapkan Kepala Puskesmas Paguyaman, dr. Rahmawaty Dai, MARS, disela pelaksanaan reakreditasi Puskesmas Paguyaman, Kamis (3/10). Mantan Direktur RSTN Boalemo tersebut menjelaskan, pihaknya telah bekerja keras untuk memenuhi indikator penilaian reakreditasi tersebut.

Kepala Puskesmas Paguyaman, dr. Rahmawaty Dai, MARS

“Langkah yang sudah kami tempuh antara lain, perbaikan baik dari dokumen yang diminta, pelaksanaan kegiatan sesuai SOP, penataan puskesmas sesuai SOP seperti ruang anak yang sebelumnya tidak ada hiasan yang menarik, itu kita perbaiki, di poliklinik yang sebelumnya tidak ada ruang tunggu, itu kita adakan,” jelasnya.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa dr. Vika tersebut berharap pada penilaian kali ini dapat mencapai predikat tertinggi dan bisa memacu semangat seluruh staf Puskesmas Paguyaman untuk pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Harapannya pada reakreditasi kali ini kita mencapai nilai tertinggi dan harapannya dengan nilai ini dapat meningkatkan kinerja para staf sesuai dengan visi misi kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Irwan Mantu, selaku Camat Paguyaman, mengapresiasi langkah-langkah yang telah ditempuh oleh pihak Puskesmas Paguyaman.

Camat Paguyaman, Irwan Mantu

“Alhamdulillah, kami mendukung sepenuhnya terhadap langkah-langkah yang telah ditempuh oleh kepala Puskesmas Paguyaman, terutama yang dalam waktu singkat dapat merubah wajah dari Puskesmas Paguyaman,” kata Irwan.

Lebih jauh Irwan menjelaskan, pelayanan kesehatan di Puskesmas Paguyaman saat ini sudah lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

“Alhamdulillah, yang tadinya ada keluhan oleh masyarakat, namun dengan hadirnya kepala Puskesmas yang baru ini kami selaku pihak pemerintah Kecamatan sudah tidak lagi menerima keluhan-keluhan dari masyarakat, khusus untuk pelayanan kesehatan, mengingat beliau ini juga sudah banyak pengalaman, beliau juga pernah memimpin RSTN,” tutupnya. (#BN-Adv)

494 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini