Gelar Bimtek Aparatur Desa di Manado, Berapa Dana Dihabiskan Dinas PMD Gorut?

1 min read

Laporan: F-STG, Editor : Zul Hunowu

Gorut (BN) –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gorontalo Utara, menggelar kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa se Kabupaten Gorontalo Utara di Hotel Peninsula Manado, Sulawesi Utara.

Penanggungjawab Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Zakir Pahrun mengatakan, bahwa Bimtek yang diikuti oleh 123 Kepala Desa dan Camat se Kabupaten Gorontalo Utara ini, bertujuan untuk memberi pemahaman yang lebih mendalam tentang pengelolaan Dana Desa

“Tujuan bimtek adalah untuk memberikan pemahaman lebih mendalam tentang bagaimana mengelola keuangan desa yg sifatnya transparansi dan akuntabel sehingga kepala desa bisa mengelola keuangan desa dengan dan  transparan,  sehingga kepala desa tidak akan bermasalah hukum. Kepala desa juga diberikan penguatan tentang bagaimana tidak semena mena merombak aparat desa yg sdh bekerja dengan baik,” kata Zakir melalui Pesan WhatsApp.

Selanjutnya, Zakir memaparkan melalui saluran ponsel bahwa Kegiatan Bimtek ini menggunakan Anggaran yang bersumber dari APBD sebesar Rp. 198 juta, Pematerinya berasal dari unsur Vertikal adalah pihak Kejaksaan Negeri Gorontalo Utara dan Polres Gorontalo serta pihak Inspektorat, Dinas Keuangan dan Bappeda.

“Ya,  yang kami gunakan adalah Anggaran berasal dari DIPA Dinas PMD bersumber dari APBD, sedangkan Kepala Desa untuk uang saku dan perjalanannya di bebankan ke APBDes masing-masing, dan Para Camat menggunakan SPPD yang bersumber pada DOK masing-masing Kecamatan. Dinas PMD hanya menanggung masalah Akomodasi dan Materi Bimtek,”  papar Zakir.

Salah seorang Camat yang dihubungi awak media ini juga membenarkan pernyataan Zakir tersebut.

“ Ya, kalau saya uang transportasi dan uang saku di tanggung sendiri melalui dana yang ada di kantor camat, demikian halnya Kepala Desa menggunakan biaya Perjalanan Dinas yang di bebankan pada APBDes masing-masing,” ungkap Camat yang enggan namanya disebutkan.

“ Kalau uang Saku Camat itu per hari dihitung Rp 800 ribu dan kebetulan transportasi saya menggunakan pesawat, kalau Kepala Desa Biaya Perjalanan Dinasnya sekitar Rp. 2.750.000,” tambahnya.

Bimtek ini dibuka oleh Sekda Gorut pada Minggu, 28 Juli 2019 pukul 21.00 WITA dan berakhir, Senin,29 Juli 2019 pukul 22.00 Wita. (BN)

 1,450 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini