Gandeng Universitas Bina Mandiri, Pemda Boalemo Gelar Seminar Tentang Desa

1 min read

Laporan / Editor : Zul Hunowu

Boalemo (BN) – Pemerintah Kabupaten Boalemo, bersama Universitas Bina Mandiri Gorontalo, menggelar kegiatan seminar yang bertajuk “Membangun Indonesia dari Desa”. Kegiatan yang digelar di Hotel Putra Tunggal Tilamuta, pada Jumat (27/12), dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari para Kepala Desa, para camat, pimpinan OPD se Kabupaten Boalemo, yang dibuka langsung Bupati Boalemo, Darwis Moridu.

Imam mashudi, S.Pd., M.Pd., selaku dekan fakultas ekonomi dan bisnis, Universitas Bina Mandiri Gorontalo, yang mewakili Rektor, Dr. Hj. Titin Dunggio, SE., M.Si., M.Kes., dalam sambutannya mengaku bangga dengan kegiatan yang digagas pemda Boalemo tersebut.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat visioner dan inovatif, sebab saat ini programnya lebih mengedepankan kolaborasi dibandingkan kompetisi,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Darwis Moridu dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat mendukung adannya kegiatan seminar tersebut.

“Sebagai Bupati, saya sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang besar atas terselenggaranya kegiatan ini,” kata Bupati.

Bahkan menurut Bupati Darwis, pemerintah Kabuapten Boalemo terus mendukung terwujudnya SDM Desa yang lebih maju kedepan.

“Peran pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan kapasitas sumber daya manusia desa terus dilakukan, untuk mendorong perbaikan manajemen dan kepemimpinan yang lebih baik, salah satunya melalui seminar hari ini,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Ikram Muhammad, selaku Dosen Universitas Bina Mandiri Gorontalo, yang juga bertindak sebagai pemateri mengatakan, bahwa saat ini semua pihak harus berkolaborasi dan berkontribusi untuk daerah.

“Tugas semua pihak adalah secara kolaboratif mendukung semua pemerintah Desa untuk terus berkembang, sehingga kegiatan ini adalah bagian kita untuk memberikan kontribusinya terhadap daerah,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut pihak Universitas Bina Mandiri Gorontalo juga turut menghadirkan salah seorang guru besar dari Universitas Hassanudin Makassar, yakni Prof. Deddy T. Tikson, Ph.D, sebagai salah satu pemateri.

“Kami juga mendatangkan pakar dari Unhas Makassar yang sudah melakukan riset di beberapa negara dan beliau mempunyai model yang bagus dalam mengembangkan desa, nah ini yang akan kita sharing agar semua pihak bisa berkolaborasi membangun desa secara komperhensif,” kata Ikram.

Lebih jauh menurut Dosen sekaligus penulis buku tersebut, sasaran utama dari kegiatan seminar kali ini adalah agar terciptanya kolaborasi antara pemerintah Desa dan Daerah, untuk bersama membangun tata kelola desa yang lebih baik.

“Sasaran kita adalah pemerintah daerah dan pemerintah desa, di desa itu ada pemerintah desa, BPD, dan Bumdes, ini tidak boleh berjalan sendiri-sendiri, demikian juga pemerintah daerah memberikan peran penting, agar nanti ada pola pikir bersama bagaimana memodeli desa ini dalam tata kelolanya yang lebih baik,” tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Boalemo, Anas Jusuf, Ketua DPRD Kabupaten Boalemo, Karyawan Ekaputra Noho, Sekda Boalemo, Husain Etango. (BN)

2,525 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

error: Maaf. Tidak Tersedia Untuk Pembajak