Gandeng Ombudsman, DPM-ESDM Gelar Sosialisasi Terkait Kepatuhan Penyelenggara Pelayanan Publik

1 min read

Laporan / Editor : Zul Hunowu

Boalemo (BN) – Dinas Penanaman Modal dan Energi Sumberdaya Mineral (DPM-ESDM) Kabupaten Boalemo, menggelar sosialisasi terkait kepatuhan penyelenggara layanan publik oleh Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Gorontalo.

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (14/11), bertempat di Rumah makan Samudera, Tilamuta, menghadirkan langsung pimpinan Ombudsman perwakilan Gorontalo, Ir. Alim Niode, para pimpinan OPD, yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Boalemo, Anas Jusuf.

Kepala DPM-ESDM Kabupaten Boalemo, Haris Pilomonu dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa pihaknya sengaja menghadirkan pimpinan Ombudsman perwakilan Gorontalo, sebagai bentuk komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan maksimial kepada masyarakat Kabupaten Boalemo, pasalnya menurut penilaian Ombudsman, tingkat pelayanan publik di Kabupaten Boalemo masih di kategori kuning, atau masih dibawah dibandingkan dengan beberapa daerah lain.

“Pelaksanaan terkait kepatuhan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik, ini merupakan komitmen kami sehingga mengundang pihak Ombudsman untuk melakukan sosialisasi dan menyampaikan terkait pelayanan publik di Kabupaten Boalemo yang masih dibawah,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Boalemo, Anas Jusuf saat memberikan sambutan, mengungkapkan bahwa sejak pemerintahan damai, pelayanan publik terus dimaksimalkan, salah satunya dengan hadirnya program Boalemo Melayani Warga (BMW) yang merupakan inovasi Pemda Boalemo untuk terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat hingga ke pelosok desa.

“Komitmen pemda dalam melayani warga ini sangat maksimal, termasuk dengan adanya BMW dan gerakan ASN beramal yang sudah berlangsung lama, tapi kenapa hasil penilaian ombudsman masih dibawah,” keluhnya.

Untuk itu menurut Wabup Anas, perlu adanya perubahan yang harus dilakukan semua pihak, dan menanamkan baha sejatinya pemerintah merupakan pelayan bagi masyarakat.

“Perlu kita melakukan perubahan karena kalau hanya komitmen dari pemerintah daerah sudah cukup. Harus ada kesungguhan dari kita semua untuk melayani masyarakat, belum ada keseriusan kita bahwa kita ini adalah pelayan kepada rakyat,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, pimpinan Ombudsman perwakilan Gorontalo, Ir. Alim Niode mengaku kagum dengan adanya program BMW yang digagas pemda Boalemo, bahkan dirinya tertarik untuk turun langsung menyaksikan proses pelayanan publik yang dilakukan pemda Boalemo, lewat program BMW.

Pimpinan Ombudsman perwakilan Gorontalo, Ir. Alim Niode

“Saya salut dengan program BMW pemda Boalemo, ini adalah kendaraan pelayanan publik termahal di Kabupaten Boalemo,” tutupnya. (#BN)

100 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

error: Maaf. Tidak Tersedia Untuk Pembajak