Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemda Boalemo Gelar Rapat Forkopimda

1 min read

BOALEMO (BN) – Pemerintah Kabupaten Boalemo mengadakan rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), terkait pembahasan pencegahan Covid-19. Rapat yang dilaksanakan di ruang Vicon pada rabu, (18/03/2020) di buka oleh Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf.

Pada acara rapat tersebut turut dihadiri oleh Asisten I, II dan III, Unsur Forkopimda, Kepala – Kepala OPD, Direktur RSTN, Ketua IDI Kabupaten Boalemo, Jubir Covid-19, Para Camat, Ketua MUI Kabupaten Boalemo, dan Lembaga Adat.

Terkait virus Corona, Seperti diketahui bersama bahwa Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan tentang penanganan dan penyebaran wabah penyakit Covid-19 atau biasa dikenal Virus Corona. melalui Jubir Covid-19 dr. Rusli Aras, M.Kes. ia menjelaskan, bahwa pentingnya mencegah penularan Covid-19 dengan selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan benar, memakai Masker dan menghindari tempat-tempat keramaian.

“Untuk itu kita harus memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Covid-19 dapat dicegah dengan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan benar, memakai masker, dan diupayakan untuk menghindari tempat tempat kerumunanan atau keramaian”, Ungkap Rusli.

Berita Terkait : Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Boalemo Terbitkan Surat Edaran

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Boalemo, Anas Jusuf menyampaikan untuk Unsur terkait, agar memberikan informasi yang valid kepada masyarakat terkait perkembangan wabah penyakit Covid-19, karena saat ini masyarakat sudah mulai resah dengan adanya pemberitaan simpang siur yang mereka terima.

Lebih lanjut lagi Wabup Anas menghimbau kepada seluruh OPD, khususnya Dinas KOMINFO agar memberikan edukasi berupa sosialisasi agar masyarakat tidak bingung dan resah. Kemudian masyarakat dapat memahami dan mecegah penyebaran Virus Corona.

“jadi bapak dan ibu, masalah pencegahaan virus corona ini harus kita sosialisakan secara terus menerus kepada masyarakat, karena jangan sampai mereka bingung, apalagi saat ini sudah ada media online harus kita manfaatkan untuk menenangkan masyarakat, dan ini merupakan salah satu rekomendasi” pungkasnya.

Adapun Hasil dari Rapat disimpulkan oleh Wakil Bupati Boalemo, Anas Jusuf adalah sebagai berikut :

1. Masyarakat diharapkan agar tetap tenang dan tidak menyebar luaskan berita yang belum jelas kebenarannya terkait virus Covid-19 baik secara langsung maupun melalui media.

2. Masyarakat diharapkan untuk belum melakukan perkumpulan atau melaksanakan hajatan dari sekarang, sampai saat tanggal yang ditentukan melalui surat edaran pertama,kecuali Duka.

3. Pelaksanaan Isra Mi’raj tingkat Kabupaten Boalemo dilaksanakan pada saat tanggal 1 april 2020, untuk tingkat Kecamatan dan Desa diharapkan untuk tidak mendahului perayaan ditingkat Kabupaten.

4. Forkopimda mendukung sepenuhnya langkah – langkah yang diambil pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

5. Warga Boalemo yang baru pulang dari luar daerah, akan dilakukan pengawasan oleh satgas yang sudah dibentuk Pemerintah daerah. (#BN)

 223 total views,  12 views today

error: Maaf. Tidak Tersedia Untuk Pembajak