BPS Lakukan Sensus Penduduk 2020 Secara Daring

1 min read

Laporan/Editor : Zul Hunowu

Boalemo (BN) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Boalemo, bersama pemerintah Kabupaten Boalemo, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Sensus Penduduk tahun 2020, tingkat Kabupaten Boalemo, bertempat di Hotel Citra Ayu, Tilamuta, pada Rabu (5/2) yang dibuka langsung, BUpati Boalemo, Darwis Moridu.

Dalam kegiatan yang turut dihadiri Kepala BPS Kabupaten Boalemo, Awaludin Kurusi, Kapolres Boalemo, AKBP Ahmad Pardomuan, pimpinan SOPD, serta para Camat se-Kabupaten Boalemo tersebut, Awaludin mengungkapkan bahwa keberhasilan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, turut dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya tingkat partisipasi masyarakat.

“Keberhasilan pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini tentu saja akan dipengaruhi banyak faktor, dan salah satu faktor kunci adalah partisipasi dari masyarakat untuk ikut serta, dengan memberikan jawaban yang jujur dan benar,” terang Awaludin.

Tidak hanya itu, Awaludin juga berharap dukungan dari semua pihak, terutama pimpinan OPD dan lembaga lainnya, untuk dapat memberikan informasi serta imbauan untuk ikut serta dalam pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020.

“Kami memerlukan dukungan penuh dari seluruh pimpinan OPD, Kementerian lembaga, Camat, dan seluruh pihak, minimal menyebarkan informasi dan memberikan imbauan pada para pegawai dan keluarga pegawai, maupun para mitra di satuan kerja masing-masing pada sensus penduduk 2020 ini,” ujar Awaludin.

Sementara itu, Bupati Boalemo, Darwis Moridu dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 kali ini akan dilaksanakan secara daring (Online) yang akan dimulai pada tanggal 15 Februari mendatang.

“Sensus penduduk online akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020, sesuai data Adminduk berdasarkan data Dukcapil dan akan dilanjutkan oleh kunjungan petugas pada tanggal 1 sampai 31 Juli 2020,” ungkap Bupati Darwis.

Lanjut, Bupati Darwis mengingatkan kepada masyarakat yang belum sempat berpartisipasi pada sensus penduduk secara online, akan didatangi oleh petugas, untuk diwawancarai secara langsung.

“Penduduk yang belum sempat berpartisipasi dalam sensus penduduk online , akan didatangi oleh petugas sensusus penduduk wawancara pada tanggal 1 sampai 31 Juli 2020, sehinga nantinya seluruh penduduk akan tercatat,” jelas Bupati Darwis.

Untuk itu, Bupati Darwis Moridu berharap kerja sama dari semua pihak, dalam pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 kali ini.

“Oleh karena itu, BPS tidak bisa kita biarkan bekerja sendiri dalam memakai Big Data secara massif,” tutupnya.

124 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

error: Maaf. Tidak Tersedia Untuk Pembajak