BKAD Boalemo Utus Admin BMD, Ikuti Bimtek Terkait Kodefikasi Barang

47 sec read

Laporan: Edward Giasi, Editor : Zul Hunowu

Boalemo (BN) – Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 108 Tahun 2016, tentang Penggolongan dan Kodefikasi Barang Milik Daerah (BMD), rencananya mulai diterapkan di tahun 2019 ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Boalemo, Sofyan Hasan, melalui Kepala Bidang Aset, Rahmat Pakaya, kepada BoalemoNews.id, ketika ditemui di Ruang kerjanya, Senin, (23/9).

Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya telah memberangkatkan Admin Barang Milik Daerah (BMD) Bidang Aset, Rahmat Utina, bersama dua orang lainnya, dalam rangka mengikuti BIMTEK se-Indonesia Timur, sejak tanggal 11–14 September 2019 kemarin, di BPK-RI Sidoarjo.

“Dari enam kabupaten/kota, Alhamdulillah Boalemo yang mewakili Provinsi Gorontalo mengikuti BIMTEK ini, untuk mengetahui secara teknis penerapan Pengelolaan Barang Milik Daerah yang berbasis aplikasi,” ungkap Rahmat.

Kabid Aset, Rahmat Pakaya, meyakini, dengan perubahan Permendagri ini, Pencatatan Rekonsiliasi Barang Milik Daerah, akan lebih mudah dilakukan.

“Jadi neraca barang dan negara keuangan secara sistematis seimbang tanpa selisih, proses rekonsiliasi setiap semester akan lebih mudah bahkan lebih terperinci,” ujarnya

Dengan pengaplikasian Permendagri Nomor 108, yang akan di terapkan mulai tahun 2019 ini, Rahmat Pakaya, mengharapkan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo, kiranya mampu bersinergi dalam mewujudkan penyelenggaraan Pengelolaan BMD yang baik dan berdaya guna, sesuai peraturan yang berlaku.

“Mudah-mudahan dengan perubahan Kodefikasi barang ini, kedepannya akan lebih meminimalisir berbagai permasalahan, baik tentang selisih angka maupun pada sistem,” harap Rahmat Pakaya. (#BN-Adv)

116 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini