Berpotensi Masuk 3 Besar, Pantai Kota Ratu Mendapat Penilaian Khusus

1 min read

Laporan / Editor : Zul Hunowu

Jakarta (BN) – Kabar gembira bagi pemerintah Kabupaten Boalemo, yang saat ini tengah berjuang untuk mempromosikan Desa Wisata di tingkat Nasional, yakni Desa Tenilo, dengan pantai kota ratunya, pasalnya dari hasil pemaparan pemerintah di Kemendes-PDTT pada Rabu (20/11), Desa Tenilo punya harapan untuk bisa tembus di posisi tiga besar terbaik, dalam penilaian lomba Desa Wisata Nusantara oleh Kemendes-PDTT, bekerjasama Kementerian Pariwisata RI 2019. Hal ini terlihat saat Kades Tenilo, Rapli Biya memaparkan materi perkembangan Wisata Pantai Kota Ratu dihadapan tim juri bersama Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Dalam pemaparan berlangsung di ruang Rapat Lantai 2 Gedung B Ditjen PPMD Kemendes-PDTT, Jakarta Selatan itu, turut hadir Bupati Boalemo H. Darwis Moridu bersama pimpinan dan anggota DPRD Boalemo beserta para pimpinan OPD teknis.

Hadirnya pejabat teras dilingkungan Pemerintah Kabupaten Boalemo ini, menuai pujian Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendes-PDTT, yang merupakan bentuk komitmen Pemkab Boalemo dalam mempromosikan destinasi wisata Pantai Kota Ratu, yang merupakan destinasi wisata baru, hasil garapan Bumdes Tenilo. Pasalnya, dari 20 peserta lomba Desa Wisata Nusantara hanya Kabupaten Boalemo menyertakan semua unsur. Itu menunjukkan bukti kolaborasi yang mantap dan solidaritas yang kuat mewujudkan pembangunan maju.

Atas kesungguhan tersebut, Desa Tenilo sebagai duta Provinsi Gorontalo pada lomba Desa Wisata Nusantara Kategori Wisata Berkembang mendapat perhatian khusus, bahkan mendapat memberikan program khusus bagi yang diberikan oleh Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Hal itu diakui Bupati Boalemo H. Darwis Moridu yang didampingi Plt Kadis Sosial-PMD, Ulkia Kiu SE.MSi. Di mana, Desa Tenilo, Boalemo mendapat penilaian khusus sebagai peserta kategori rintisan pariwisata berkembang.

Termasuk pemaparan disampaikan Kades Tenilo, Rapli Biya soal kondisi terkini kemajuan wisata Pantai Kota Ratu sukses mendatangkan wisatawan setiap pekannya. Kemajuan ini diukur peluang pendapatan BUMDes dan naiknya derajat ekonomi rakyat dari hasil usaha kuliner warga di kawasan wisata Pantai Kota Ratu.

“Ke depan, pengembangan wisata Pantai Kota Ratu dibutuhkan integrasi antara pemerintah meliputi seluruh OPD teknis bersama unsur Pemdes dan BUMDes. Contohnya, DInas Sosial-PMD mengangkat penguatan pengelolaan BUMDes, Dinas Pariwisata akan menyentuh upaya pengembangan destinasi agar mendatangkan banyak pengunjung, Dinas Kumperindag memberikan kepedulian lewat program peningkatan usaha kuliner warga. Sehingga kedepan wisata Pantai Kota Ratu mampu memberikan kesejahteraan masyarakat dan membuka peluang lapangan pekerjaan bagi semua elemen warga setempat,” beber Ulkia Kiu.

Sementara Kades Tenilo, Rapli Biya menambahkan, kejuaraan lomba Desa Wisata Nusantara 2019 selin menjadi target utama, juga menjadi momentum memaparkan harapan besar elemen warga. Di mana, terdapat 700 lebih warga status ekonomi kurang mampu sangat menggantungkan impiannya kepada pemerintah pusat melalui Kemendes-PDTT untuk menaikkan derajat ekonomi lewat sektor pariwisata.

Sehingga, persoalan menjadi penghambat seperti halnya perizinan mendapat perhatian pemerintah pusat. Terlebih soal penegasan Presiden RI, Jokowi menyampaikan lebih merampingkan ketentuan perundang-undangan maupun Pergub dan Perda yang dinilai menghambat dan memasung kepentingan pembangunan desa dan kesejahteraan rakyat. (#BN)

364 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

error: Maaf. Tidak Tersedia Untuk Pembajak