Bawaslu Boalemo Gandeng Tim Kearsipan Daerah, Guna Penataan Dokumen dan Arsip Negara

1 min read

Laporan / Editor : Zul Hunowu

Boalemo (BN) – Sebagai salah satu lembaga penyelenggara pemilu, Bawaslu Kabupaten Boalemo menyeriusi perihal penyimpanan dokumen-dokumen milik negara yang diperoleh selama tahapan pemilu 2019 kemarin.

Tidak main-main, demi tertata rapinya seluruh file dan dokumen, Senin (23/12/19) kemarin Bawaslu Kab. Boalemo mengundang tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Boalemo yang dalam hal ini dipimpin oleh Ririn Siskawaty Happy SKM., Kasie pembinaan dan Pelayanan Kearsipan.

Dalam rapat tersebut, Amir Dj. Koem, selaku pimpinan lembaga mengutarakan, maksud dan tujuan dihadirkannya tim tersebut adalah untuk memberikan arahan dan petunjuk terkait tata cara penyimpanan arsip.

“Sesuai dengan edaran Bawaslu dan peraturan Kearsipan Nomor 42 tahun 2019, seluruh kegiatan Bawaslu seperti tugas pengawasan, kegiatan sosialisasi, penyusunan laporan, hingga penyusunan buku kinerja, seluruhnya wajib diarsipkan, disamping tugas dan kewenangan bawaslu dalam dokumen termuat sejarah lahirnya bawaslu,” ungkap Amir.

Ia melanjutkan, jadi menindaklanjuti edaran tersebut, seluruh kegiatan selama tahapan pemilu mulai tahun 2018 hingga 2019 kemarin akan disimpan baik secara manual maupun digital sesuai dengan petunjuk dari tim kearsipan.

Sementara itu Ririn Siskawaty Happy SKM., dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Boalemo menyampaikan apresiasinya kepada Bawaslu Kab. Boalemo atas undangan tersebut. Menurut Ririn, dari seluruh lembaga vertikal dan OPD baru Bawaslu Kab. Boalemo yang berinisiatif mengundan tim dari kearsipan daerah untuk melakukan penyuluhan.

“Setelah mendengar seluruh keterangan baik itu dari Koordinator Sekretariat, bagian administari, dan kehumasan, dari segi kearsipan, apa yang dilakukan oleh Bawaslu Kab. Boalemo 70% sudah memenuhi standar. Hanya perlu ditambahkan ruangan khusus arsip dan penambahan lemari-lemari arsip,” ungkap Ririn.

Rencananya, usai melakukan pembenahan penyimpan file dan dokumen, dalam waktu dekat, Bawaslu Boalemo akan segera menyerahkan arsip untuk disimpan di kantor Perpustakaan dan Kearsipan daerah. Sehingga, jika sewaktu-waktu terjadi masalah gugatan, admistrasi maupun keuangan, seluruh data tersimpan dengan rapi sebelum dimusnahkan 5 tahun kemudian.

366 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

error: Maaf. Tidak Tersedia Untuk Pembajak