Antusias Warga Hingga Uniknya TPS Warnai Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Boalemo

1 min read

Laporan / Editor : Zul Hunowu

Boalemo (BN) – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan sistem voting berbasis elektronik (e-voting), kembali dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Boalemo.

Senin (4/11) Bupati Boalemo, Darwis Moridu, yang didampingi Wakil Bupati Boalemo, Anas Jusuf, serta para pimpinan OPD, meninjau pelaksanaan pilkades yang dimulai dari enam Desa, di Kecamatan Paguyaman, yakni Desa Bongo Nol, Saripi, Hulawa, Sosial, Wonggahu, dan Molombulahe.

Menariknya, dalam pilkades kali ini, masyarakat terlihat sangat antusias untuk menyalurkan hak pilihnya di TPS, terlebih ada beberapa TPS yang tampil dengan unik, untuk menarik para pemilih, seperti yang dilakukan para petugas TPS di Desa Bongo Nol, para petugas TPS, mengenakan pakaian adat Gorontalo, sembari melayani para pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya.

Ikang Tamu, salah seorang warga di Desa Bongo Nol, mengaku senang dengan pilkades berbasis e-voting ini, menurutnya hal tersebut dapat lebih memepermudah para pemilih, meski dirinya juga menyayangkan keterbatasan alat yang dimiliki pemerintah.

“Saya rasa sistem seperti ini sudah sangat bagus, ini sangat cepat dari pemilihan biasanya, hanya saja alatnya ini masih kurang sehingga kita harus antri,” kata Ikang.

Sementara itu, Bupati Darwis Moridu mengatakan, pihaknya selaku pemerintah, akan berupaya kedepan agar pilkades secara e-voting dapat menjangkau seluruh desa di Kabupaten Boalemo, bahkan pihaknya berusaha untuk mengadakan pilkada dengan sistem serupa.

“Kami sebagai pemerintah berusaha alatnya ini bisa menjangkau seluruh desa, bahkan kami berusaha pilkada bisa dilakukan secara e-voting agar lebih efisien anggaran,” ungkapnya.

Pilkades berbasis e-voting sendiri merupakan kali ketiga digelar oleh pemerintah Kabupaten Boalemo, sejak beberapa tahun silam, dan hingga saat ini pelaksanaan pilkades, berjalan dengan lancar dan aman.

Untuk itu, Bupati Darwis Moridu berpesan kepada masyarakat, agar dapat menjaga kemanan jalannya pesta demokrasi bagi masyarakat desa tersebut.

“Kepada masyarakat Kabupaten Boalemo, dapat menjaga keamanan, ketertiban dari jalannya pilkades di Kabupaten Boalemo,” tutupnya.

64 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini